Buah Cempedak Kenali Lebih Jauh Kandungannya

0
257
Khasiat Buah Cempedak

Sebagian orang yang tinggal di Jawa mungkin kurang mengenal buah cempedak. Namun sebaliknya, bagi para penduduk luar Jawa seperti Sulawesi, Maluku, dan Kalimantan tentu sudah sangat tidak asing dengan buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan di Indonesia, buah ini persebarannya memang tidak merata. Walaupun begitu, buah ini termasuk salah satu tanaman khas dari dalam negeri.

Buah cempedak ini memiliki rasa yang enak di mana menjadikannya banyak digemari orang-orang. Selain bisa dimakan langsung, buah ini juga bisa dijadikan camilan. Sudah banyak pengusaha yang memperjual belikan buah ini di mana omsetnya pun sangat luar biasa. Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa itu buah cempedak, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan buah harum satu ini.

Khasiat Buah Cempedak
  1. Buah yang Mirip dengan Buah Nangka
    Jika dilihat sekilas, buah ini terlihat mirip dengan buah nangka. Hal ini bisa dilihat dari bentuk kulitnya, daging buah sampai rasanya yang cukup mirip buah nangka. Meski begitu, terdapat beberapa bagian yang berbeda, misalnya saja memiliki aroma yang lebih mirip dengan buah durian dan menjadi daya tarik bagi penikmatnya.
  2. Hanya Tumbuh di Sebagian Wilayah Indonesia
    Meskipun menjadi buah khas dari Indonesia, akan tetapi bukan berarti buah ini bisa tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Buah ini hanya bisa tumbuh dengan baik apabila ditanam di dataran rendah sampai 1000 meter dpl. Oleh karena itu, buah ini masih asing bagi masyarakat yang tinggalnya di daerah dataran tinggi. Buah ini bisa ditemui dengan mudah di daerah Sulawesi, Kalimantan, Papua, Maluku, Sumatera, dan sebagian wilayah Jawa.
  3. Buahnya Bisa Digoreng
    Jika buah nangka biasanya dimakan langsung, maka beda dengan cempedak. Buah ini bisa juga digoreng seperti layaknya pisang. Cara membuatnya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan adonan tepung. Adonan ini digunakan untuk membalut daging buah, lalu goreng sampai matang. Camilan cempedak goreng ini sudah terkenal kelezatannya sehingga banyak dijualbelikan.
  4. Kulit Buahnya Bisa Dibuat Asinan
    Jika tadi buahnya bisa digoreng dengan tepung, maka kulitnya bisa dijadikan asinan. Kulit dari buah ini bisa dijadikan olahan yang lezat. Pada umumnya kulit buah ini diolah menjadi asinan kulit cempedak yang mana sudah banyak masyarakat yang suka dengan camilan ini, khususnya di daerah Kalimatan Selatan.
  5. Memiliki Manfaat yang Luar Biasa
    Buah ini memang sudah terkenal enak dan harum, di samping beberapa keistimewaan yang dimiliki tersebut, buah ini juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Khasiat Buah Cempedak

Buah ini diketahui bisa mengusir parasit, mengatasi tumor, mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam darah, mencegah penyakit malaria dan stroke.

Selain manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, buah ini juga sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan lemak yang sedikit, sehingga bagus untuk dikonsumai saat diet.

Buah Cempedak Untuk Ibu Hamil

Apakah buah Cempedak ini aman untuk Ibu Hamil ? Bagi anda yang sedang hamil dan ingin mengkonsumsi buah cempedak. Perhatikan ulasan kami berikut ini.

Buah Cempedak

Buah cempedak ini mempunyai tekstur daging yang halu dan rasanya yang manis. Namun dibalik hal itu anda harus mewaspadai buah ini terutama bagi anda yang sedang hamil. Karena buah cempedak mengandung alkohol yang bisa membuat badan menjadi terasa panas dan menimbulkan rasa mulas mulas jika mengkonsuminya terlalu banyak.

Dampak yang akan terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi buah cempedak ini.

  1. Meningkatnya suhu janin
    Salah satu bahaya dari buah ini adalah bisa meningkatkan asam lambung pada ibu hamil. Jika asam lambung meningkat maka suhu pada bagian perutpun akan menjadi sangat panas. Kondisi tersebut tentu akan memiliki dampak terhadap janin yang ada pada ibu hamil.
  2. Memicu Terjadinya Kontraksi
    Hal yang berbahaya jika ibu hamil mengkonsumsi buah ini terlalu banyak ialah bisa membuat terjadinya kontraksi dini. Kontraksi dini ini dapat menyebabkan keguguran jika janin masih dalam usia muda. Selain itu bisa juga menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah ini saat hamil.
  3. Membuat Perut Kembung
    Buah ini sama dengan buah nangka. Sifat alaminya ialah bisa membuat rasa panas. Jika buah ini di konsumsi oleh ibu hamil akan mengakibatkan terjadinya muntah muntah serta ada rasa sakit di bagian perut sang ibu hamil.

Itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan buah cempedak yang mungkin sudah sebagian Anda ketahui dan sebagian lagi merupakan informasi yang baru Anda ketahui. Karena tidak bisa tumbuh di semua tempat, maka buah ini perlu terus dilestarikan. Bagi Anda yang ingin mengetahui beragam buah busa datang langsung ke Agro Sejahtera yang berada di Jl. Desa Bedug, Rembang, Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur kode pos 64171.