Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Mudah

0
196

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Mudah

 

Orchidaceae adalah nama latin dari Bunga Anggrek.Tanaman bunga Anggrek ini memang terlihat sangat cantik, sehingga semua orang ingin memiliki tanaman ini.

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Mudah

Tanaman Bunga Anggrek identik dengan harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan tanaman hias lain. Namun ini sangat layak karena tanaman ini memiliki nilai keindahan dan kecantikan yang bisa di bilang sempurna untuk menghiasi rumah Anda.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang membudidayakannya, dan menghasilkan jenis anggrek yang cantik dan beraneka ragam. Sehingga Andajuga dapat memiliki tanaman ini dengan harga yang lebih terjangkau dengan mencoba menanamnya sendiri. Dan kami ingin membagikan informasi lengkap cara menanam bunga Anggrek yang baik dan benar untuk Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bibit bunga Anggrek terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa menyiapkan medianya, seperti pada botol, gelas ataupun embe atau baki. Penggunaan yang paling banyak adalah menyimpan bibi bunga Anggrek pada baki semai, namun Anda jga bisa mencoba alternatif lain dengan mnyimpan bibit tersebut pada botol atau gela dengan air didalamnya.

Setelah bibit mulai berkembang Anda bis amulai menanam bunga Anggrek dengan memindahkan bibit tersebut ke media tanam yang sudah Anda siapkan.

Cara menanam bunga anggrek hampir sama dengan cara menanam bunga mawar, dengan menggunakan media tanam campuran dari arang kayu, potongan pakis dan sambut kelapa.

Tanaman Bunga Anggrek juga merupakan jenis tanaman benalu, yaitu jenis tanaman yang bisa menempel di pohon tanaman lainnya.

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Mudah

Atau Anda jugabisa menggunakan tanah sebagai media tanam, tetapi ada catatan khusus untuk metode ini. Anda hanya bisa menanam bunga Anggrek jenis Vanda, Spatholotis, atau Arachnis. Karena selain jenis tersebut diatas, tanaman jenis anggrek lainnya tidak akan berhasil tumbuh dengan baik jika menggunakan metode ini.

Setelah menentukan media tanam yang cocok Anda hany perlu melakukan perawatan yang intensif pada tanaman bunga Anggrek ini.

Jenis perawatan yang bisa Anda lakukan yaitu penyiraman dan pemupukan.  Untuk penyiramannya Anda perlu melakukannya sehari dua kali. Dan waktu penyiraman yang tepat yaitu pagi hari antara jam 7 sampai jam 9 pagi,dan sore hari pada jam 3 sore sampai jam 5 sore.

Sedangkan untuk pupuk yang Anda perlukan adalah jenis pupuk organik. Dengan waktu pemupukan setiap 6 bulan sekal. Tahapan ini perlu Anda lakukan untuk mendapatkan bunga Anggrek yang sempurna.

Itulah tadi informasi mengenai cara menanam bunga Anggrek secara baik dan mudah untuk diterapkan. Tetapi sebelum mengakhiri artikel ini perlu saya ingatkan bahwa tanaman Anggrek ini merupakan tanaman daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi. Sehingga Anda perlu memastikan peletakan bunga Anggrek ini pada suhu kelembaban udara antara 60%-80% agar bunga Anggrek Anda bisa tumbuh dengan cantik sesuai keinginan Anda.