Jual Benih Kopi Arabika Murah Kualitas Super

Jual Benih Kopi Arabika Murah Kualitas Super

Jual Benih Kopi Arabika Murah Kualitas Super

SEJARAH KOPI ARABIKA

 Kopi arabika dihasilkan dari tanaman Coffea arabica. Tanaman ini dipercaya berasal dari daerah Etiopia kemudian dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Bangsa Arab mulai mempopulerkan ekstrak biji kopi arabika yang diseduh dengan air panas sebagai minuman penyegar.

Jual Benih Kopi Arabika Murah Kualitas Super

Di abad ke-15 popularitas minuman kopi mulai menyebar ke Eropa. Awalnya orang-orang Eropa membeli kopi dari para pedagang Arab. Kemudian mereka berhasil membudidayakan tanaman tersebut di Asia dan Amerika. Sejak itu kopi menjadi komoditas yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan sempat menjadi komoditas kedua terbesar yang diperdagangkan secara global setelah minyak bumi.

Kerajaan: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Suku: Rubiaceae
Marga: Coffea
Spesies: Coffea arabica L.

CIRI – CIRI TANAMAN KOPI

Batang

 Pohon kopi arabika memiliki perakaran yang dangkal, sekitar 30 cm dari permukaan tanah. Dalam keadaan yang terawat pohon ini tumbuh seperti perdu, tingginya sekitar 2-3 meter. Namun bila tidak dipangkas bisa tumbuh hingga 5 meter. Terdapat dua tipe cabang pada tanaman kopi arabika, yakni cabang yang tumbuh vertikal dan horisontal.

Daun

Tanaman kopi arabika memiliki daun yang kecil, panjangnya 12-15 cm dan lebar sekitar 6 cm. Warna daun hijau mengkilap speerti dilapisi lilin. Pada ketiak daun tumbuh mata tunas. Mata tunas ini bisa menjadi bunga atau menjadi cabang tergantung kondisi.9

Bunga

Bunga tumbuh dari mata tunas yang terletak di ketiak daun. Bunga menyerbuk sendiri, penyerbukan biasanya terjadi di pagi hari dengan bantuan angin atau serangga. Hujan yang mengguyur saat penyerbukan bisa menggagalkan proses penyerbukan. Waktu yang diperlukan mulai dari penyerbukan hingga menjadi buah siap panen sekitar 6-9 bulan.

Buah

Buah kopi arabika lebih besar dibanding robusta. Buah tersebut akan rontok dari tangkainya saat matang. Jadi perlu pemanenan yang hati-hati sebelum buah rontok.

Ciri lain darinya iyalah :

  • Struktur pohon kokoh, percabangan merata, bentuk simetris, tajuk bulat
  • Produksi buah tinggi dan setabil sepanjang tahun
  • Mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap hama, penyakit, dan cendawan
  • Gampang dikembangbiakkan secara vegetatif
  • Pertumbuhannya cepat dan responsif terhadap kultur teknis budidaya

     Jual Benih Kopi Arabika Murah Kualitas Super

        Tanaman kopi arabika hanya bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 1.000-2.000 meter dari permukaan laut. Tanaman tersebut masih bisa tumbuh di dataran lebih rendah, hanya saja pertumbuhannya tidak optimal dan mudah terserang penyakit karat daun. Secara umum kopi arabika membutuhkan curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun. Dengan bulan kering tidak lebih dari 3 bulan dalam setahun. Suhu udara yang dikehendaki tanaman ini ada pada kisaran 15-25°C. Di indonesia kita dapat menemukan sebagian besar perkebunan kopi arabika di daerah pegunungan toraja, sumatera utara, aceh dan beberapa daerah di pulau jawa. Hanya ada 2 spesies yang sering diproduksi dan dikonsumsi masyarakat dunia yaitu robusta dan arabika. Kedua spesies ini memiliki perbedaan pada jenis tanaman dan kondisi tanam. Kopi arabika memiliki bentuk biji yang lebih lonjong dan ukuran yang lebih besar dari robusta. Meski jenis zat yang terkandung sama, kadar kandungan zat di dalam arabika dan robusta berbeda.

Konsentrasi kandungan kopi arabika yang sudah diproses (roasted) adalah sebagai berikut (g/100g):

  • Sukrosa: 4.2
  • Gula Pereduksi: 0.3
  • Polisakarida: 31-33
  • Lignin: 3.0
  • Pectin: 2.0
  • Protein: 7.5-10
  • Kafein: 1.1-1.3
  • Trigonelline: 1.2-0.2
  • Asam Nikotinik: 0.026
  • Trigliserida,
    Sterol/Tocopherol: 17.0
  • Diterpen: 0.9
  • Mineral: 4.5
  • Asam Klorogenat: 1.9-2.5
  • Asam Alifatik: 1.6
  • Asam Quinic: 0.8
  • Melanoidins: 25


Lalu bagaimana caranya menentukan kualis benih yang baik ?

      penilaian kualitasnya yaitu apabila suatu bibit memenuhi sekurang-kurangnya 70 persen dari kriteria di atas, maka bibit tersebut dapat digolongkan sebagai bibit yang unggul. Begitupun sebaliknya jika suatu bibit tidak memenuhi minimal 70 persen dari persyaratan di atas, maka bibit ini tergolong biasa saja. Selain itu apalagi ?

  1. Bibit kopi sehat dan normal
  2. Kondisinya bersih dari kotoran
  3. Bentuk dan ukurannya seragam
  4. Berasal dari benih/indukan yang jelas
  5. Tingkat pertumbuhannya bagus
  6. Daya tahannya juga tinggi
  7. Bibit memiliki perakaran yang sempurna.

MANFAAT KOPI

Berikut adalah efek minum kopi bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood.
  2. Menstimuli fungsi saraf dan menambah energi.
  3. Meredakan sakit kepala.
  4. Pencegahan penyakit parkinson dan alzheimer.
  5. Mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Tidak hanya untuk kesehatan, kopi memiliki fungsi untuk kecantikan, diantaranya:

  1. Mengencangkan kulit dan menghilangkan mata panda.
  2. Menjaga kesuburan rambut.
  3. Mengangkat sel kulit mati.
  4. Suplemen diet.

Kopi bersifat diuretik dan mengikat, itu sebabnya setelah meminumnya Anda akan terasa ingin kencing setelah dua sampai tiga jam. Perbanyaklah konsumsi air putih untuk mengurangi beban kerja ginjal dan membuat tubuh Anda tidak dehidrasi.

Bagaimana dengan cara pembudidayaan kopi arabika agar dapat menghasilkan kopi yang memiliki kualitas super ? berikut adalah cara pembudidayaan kopi arabika.

  1. sebelum memulai penanaman sebaiknya kita memilih bibit atau bakalan yang akan kita buat sebagai bibit kopi arabika kopi arabika bisa ditanam dengan cara cangkok atau dengan bibit langsung. bagi anda yang tidak mengetahui terlalu banyak tentang seluk beluk budidaya kopi arabika sebaiknya untuk pembelian bibit anda ditemani oleh seseorang yang memang ahli dalam budidaya kopi arabika ini.
  2. selanjutnya kita harus mempersiapkan lahan tanam untuk menanam bibit pohon kopi tersebut usahakan lahan tanam tersebut terdapat cahaya matahari karena untuk berfotosintesis pohon kopi arabika tersebut. gali lahan berukuran 40 X 40 dengan kedalaman 40 cm jangan lupa campur kan tanah yang baru galian dengan pupuk kompos organik seperti kotoran kambing. Setelah lupa siap anda tinggal menanam pohon tersebut di dalam lubang galian tersebut.
  3. Untuk perawatan penyiraman sebaiknya dilakukan 1 kali sehari atau dua kali sehari disesuaikan dengan kondisi musimnya jika musim penghujan tidak perlu disirami karena akar dari pohon kopi ini juga dapat menampung air yang baik untuk pemupukan sebaiknya dilakukan satu bulan dua kali saja dengan pupuk organik atau anorganik.

Nah apakah anda berniat untuk memulai bisnis kopi arabika sebagai lading bisnis anda setelah anda menyimak ulasan di atas ? peluang usahanya sangat besar mengingat sekmentasi pasarnya pun juga bagus, peminatnya pun juga banyak. Bagi anda yang ingin mencari benih kopi arabika dengan kualitas super dan harga terjangkau kami menyediakanya. Untuk harga, perlu anda pertimbangkan jenis benih yang anda pilih, kualitas dari benih, jumlah yang anda pesan, dan terakhir ongkos kirimnya.

 

Tinggalkan Balasan

× Hallo Bos Silahkan Chat di sini