Jual Bibit Jeruk Nipis

Jual Bibit Jeruk Nipis

Jual Bibit Jeruk Nipis – Sebagai salah satu masyarakat Indonesia Anda pasti sudah pernah mencicipi rasa buah jeruk nipis, entah didalam masakan ataupun dinikmati sebagai minuman pelepas dahaga. Buah jeruk nipis merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sangat populer di Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Buah jeruk nipis banyak dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi tergantung dari musim panennya. Buah jeruk nipis memiliki rasa yang asam manis yang menjadikannya unggul daripada jenis tanaman yang lainnya. Banyak orang yang mulai membudidayakan buah jeruk nipis karena buah ini memang lebih disukai oleh masyarakat Tanah Air. Untuk bisa menanam tanaman buah jeruk nipis sendiri membutuhkan bibit tanaman buah jeruk nipis yang sehat dan berkualitas.

Karakteristik tanaman buah jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk salah satu tanaman komoditas tanah air yang paling diandalkan. Tanaman jeruk dengan nama ilmiah Citrus aurantifolia ini termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman dikotil. Tanaman jeruk nipis dikenal memiliki banyak manfaat dan kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh manusia. Tanaman jeruk nipis ini memiliki buah dengan rasa yang asam dan agak pahit. Buah jeruk nipis sendiri diketahui bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau bisa juga menjadi penyedap rasa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang melebihi kandungan vitamin C dari jenis jeruk lainnya. Pohon jeruk nipis ini sendiri banyak dibudidayakan di seluruh tanah air karena dia memiliki sifat gereja atau dapat tumbuh di mana saja di daerah tropis.

Tanaman jeruk nipis ini juga memiliki nama lain yang berbeda di setiap daerahnya. Di pulau Sumatera atau tepatnya di Aceh tanaman jeruk nipis lebih dikenal dengan nama kelangsa, sedangkan di pulau Jawa wa dan Sunda dikenal dengan nama jeruk nipis atau jeruk pecel, di pulau Kalimantan dikenal dengan nama lemau nepi, nama lemo ape dikenal di pulau sulawesi, sedangkan di Bugis dikenal dengan nama lemo kapasa dan masih banyak nanma lain lagi dari jeruk nipis ini di beragam bagian tanah air. Pohon jeruk nipis sendiri termasuk kedalam tanaman buah yang sangat rajin berbuah dan bisa berbuah sepanjang tahun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di kebun ataupun di ladang baik itu di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman pohon jeruk nipis ini ternyata juga bisa dibudidayakan dengan cara menanam pohon jeruk nipis dalam pot atau terkenal dengan istilah tabulampot jeruk nipis. Perawatan yang tidak sulit juga merupakan keunggulan tersendiri dari tanaman jeruk nipis.

Untuk anda yang ingin mendapatkan bibit tanaman buah jeruk nipis dari kami di Agro Bibit Tanaman, berikut ini kami bagikan spesifikasi dan harga bibit tanaman buah jeruk nipis

  • Polybag Ukuran P25 diameter 25 cm
  • Diperbanyak dengan okulasi
  • Tinggi bibit 40-80 cm
  • Umur minimal 6 bulan
  • Harga bibit mulai 55.000
  • Polybag ukuran P35 diameter 35cm
  • Diperbanyak dengan okulasi
  • Tinggi bibit 100-150 cm
  • Umur minimal 1 tahun
  • Harga bibit mulai 150.000
  • Tabulampot tanaman buah jeruk nipis
  • Diperbanyak dengan okulasi
  • Tinggi bibit minimal 1 meter
  • Umur minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : pot plastik atau drum
  • Harga tanyakan ke penjual

 

Cara menanam bibit buah jeruk nipis

Pemilihan bibit buah jeruk nipis

Untuk bisa menanam tanaman buah jeruk nipis yang harus dilakukan adalah memilih bibit buah jeruk yang berkualitas dan sehat. Bibit buah jeruk nipis yang berkualitas bisa ditandai dengan tanamannya yang memiliki batang kokoh, berdaun rimbun dengan warna yang hijau cerah segar. Selain itu bisa dilihat dari perakaran nya juga yang banyak dan kuat Sehingga nantinya akan tumbuh dengan baik. Kriteria tanaman buah jeruk ideal ini bisa didapatkan di Agro bibit tanaman. Di sini kami menyediakan bibit jeruk nipis yang sehat dan berkualitas dengan harga yang bervariasi yang sudah pasti memiliki harga yang paling terjangkau.

Pemilihan lahan penanaman

Setelah mendapatkan bibit tanaman buah jeruk dari Agro bibit tanaman, langkah selanjutnya adalah memilih lahan di mana tanaman akan ditanam. Bahan yang bisa dipilih antara lain bisa di kebun atau pekarangan rumah atau bisa juga tanaman pot. Pilihlah lahan yang memiliki ukuran cukup luas sehingga dapat digunakan untuk menanam tanaman buah jeruk nipis cukup banyak.  Untuk jarak minimal antar pohon yang bisa dibuat adalah 5 * 5 m. Pada jarak tersebut melakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50 * 50 * 50 cm. Lubang tanam tersebut akan menjadi tempat dimana bibit buah jeruk nipis akan ditanam. Tambahkan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalam lubang tanam tersebut Lalu didiamkan selama satu pekan agar gas yang terkandung di dalam tanah bisa hilang.

Penanaman bibit tanaman buah jeruk nipis

Setelah lubang tanam selesai dibuat langkah selanjutnya adalah menanam bibit tanaman buah jeruk nipis. Pada lubang tanam yang telah dibuat tadi siapkan bibit tanaman buah jeruk yang akan ditanam di setiap lubangnya. Cara memasukkannya bisa dengan menyobek polybag yang ada pada bibit tanaman buah jeruk nipis tersebut secara perlahan. Penyobekan polibek ini perlu dilakukan dengan hati-hati supaya perakaran tanaman buah jeruk nipis itu tidak rusak. Jika perakaran tanaman jeruk nipis tersebut rusak maka bisa ditakutkan bahwa tanaman jeruk nipis tersebut nantinya tidak akan bisa tumbuh dengan maksimal. Setelah menyobek polybag nya taruh bibit tanaman jeruk nipis tersebut pada lubang tanam yang sudah disediakan. Setelah ditaruh kemudian ditimbun dengan tanah nah dan dipadatkan perlahan-lahan. Langkah selanjutnya bisa dibuat adalah dengan menyirami bibit tanaman tersebut dengan air secukupnya tetapi tidak sampai tergenang.

Perawatan tanaman

Langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan pada bibit tanaman buah naga merah hingga menjadi pohon. Caranya adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari pada bibit tanaman. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin namun jangan sampai akar tergenangi. Pemberian pupuk sebagai nutrisi bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal Sebulan sekali Agar tanaman bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk terus tumbuh. Perawatan lain yang bisa dilakukan adalah memangkas pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman buah naga merah.

Itulah dia informasi yang bisa kami sajikan untuk tanaman buah naga.  Di sini kami menyediakan beragam bibit tanaman berkualitas yang siap tanam  termasuk bibit tanaman buah naga merah yang anda cari. Untuk itu, segera anda dapatkan di Agro bibit tanaman yang beralamatkan di Jl. Desa Bedug, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur 64171. Anda bisa datang langsung ke toko kami untuk memilih bibit tanaman buah yang anda butuhkan atau bisa menghubungi kami untuk pengiriman benih melalui expedisi. Kami mengandalkan expedisi terbaik untuk mengantarkan pesanan anda tepat pada waktunya.