Jual Bibit Nangka Mini

Jual Bibit Nangka Mini

Jual Bibit Nangka Mini – Tanaman nangka mini adalah salah satu jenis tanaman yang unik dan masih termasuk ke dalam varietas baru. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus ini memiliki ukuran buah yang memang tidak sebesar jenis nangka pada umumnya, sama seperti namanya yaitu nangka mini. Namun jangan salah tanaman nangka mini ini memiliki sifat yang mudah berbuah dan menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman. Selain itu tanaman nangka mini ini bisa ditanam dengan mudah baik ditanam langsung di tanah atau bisa juga ditanam di dalam pot sebagai tanaman bunga dalam pot atau biasa dikenal dengan tabulampot.

Tanaman buah nangka mini merupakan salah satu tanaman yang bersifat genjah atau mudah berbuah. Seperti namanya nangka mini hanya dapat berbuah lebat sekitar dua hingga tiga tahun setelah masa tanam dengan bibit pohon nangka mini. Untuk buah nangka mini ini sendiri memiliki buah dengan berat rata-rata 5 hingga 7,5 kg. Namun pada varietas tertentu nangka mini mampu mencapai berat 15 kg nya. Untuk rasa buah nangka mini sendiri ini memiliki rasa yang manis seperti buah nangka pada umumnya serta beraroma harum menggoda khas nangka. Untuk daging buahnya sendiri berwarna kuning merah, lunak, dan manis. Buahnya berbentuk bulat hingga lonjong dan berukuran besar serta berbiji banyak. Biji buah nangka Mini dibalut dengan daging yang tipis hingga tebal. Untuk kulit buah nangka mini sendiri yaitu berduri dan tumpul dengan warna hijau muda. Percabangan tanaman nangka mini ini sangat rimbun dan miring ke atas. Untuk tanaman pohon nangka mini ini memiliki getah di di seluruh bagian pohonnya termasuk pada daun batang dan buahnya. Tanaman ini memiliki kemampuan yang baik sehingga cocok untuk konservasi lahan miring tetapi tidak baik untuk pelindung jalan karena daun yang mudah gugur.

Peluang bisnis Nangka Mini

Tanaman nangka mini merupakan tanaman yang kaya akan guna atau bisa disebut juga dengan tanaman serbaguna. Untuk buahnya sendiri jika masih muda lengkapi ini bisa digunakan sebagai bahan pembuat sayur. Sementara untuk buah yang sudah matang ini akan sangat enak untuk dimakan segar dengan biji yang tetap bisa direbus untuk bisa dikonsumsinya. Bahkan daun dari nangka mini ini juga baik untuk pakan ternak. Beralih untuk melihat batang pohon nangka mini jika batang pohon nangka mini yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan titik batang pohon yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan ini haruslah batang yang telah tua yaitu dengan usia diatas 5 tahun titik jika dilihat dengan kasat mata warna batangnya sudah berwarna kuning tua, semakin tua warna kuning marka mutu kayunya untuk bahan bangunan akan semakin tinggi dan bagus. Buah nangka mini yang telah matang bisa juga diolah menjadi dodol dan keripik nangka yang tahan lama untuk disimpan dan cocok untuk dijadikan cemilan di waktu senggang.

Produktivitas buahnya yang tinggi bisa menjadikan hasil buah yang banyak sehingga dalam jangka waktu yang lama hasil buah akan berkembang semakin baik dan banyak sehingga panen bisa terus meningkat. Budidaya tanaman nangka mini dalam pot merupakan budidaya yang sungguh sangat mudah mulai dari hal pembibitan hingga penanaman dan perawatan sampai pada saat panen dan tanaman selalu berbuah lebat. Apabila ditanam secara serius dan ditanam di kebun dan dirawat dengan baik maka budidaya nangka mini ini bisa jadi peluang bisnis agrobisnis yang menjanjikan.

Cara budidaya nangka mini

Syarat tumbuh tanaman buah nangka mini

Tanaman buah nangka mini ini dapat tumbuh dengan baik di tanah air Indonesia baik di dataran rendah maupun dataran tinggi untuk di dataran rendah dia bisa hidup dengan ketinggian antara 200 hingga 6000 mdpl. Tanaman nangka mini juga membutuhkan cahaya sinar matahari untuk tetap tumbuh dan berbuah. Untuk curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman nangka mini ini adalah antara lain curah hujan sekitar 2500-3000 mm/thn. Dengan kelembapan yang tinggi dapat diharapkan dapat mengurangi penguapan pada tanaman nangka mini. Tanah yanh gembur dan agak berpasir menjadikannya jenis tanah yang sesuai untuk tanaman nangka mini.

Pembibitan nangka mini

Perbanyakan pembibitan tanaman nangka ini biasanya bisa didapatkan melalui hasil genetatif atau dengan biji nangka mini nya. Selain dari biji nangka, perbanyakan ini bisa juga dilakukan dengan cara okulasi atau disebut juga dengan sambung susu. Beberapa petani nangka mini menyatakan bahwa perbanyakan tanaman nangka mini dengan cara sambung susu ini dapat membuah hasil produksi buah nangka mini yang lebih cepat daripada perbanyakan via biji. Untuk itu, bibit tanaman nangka mini yang berkualitas dan didapatkan dari hasil sambung susu ini bisa didapatkan dari Agro Bibit Tanaman.

Persiapan media tanam

Setelah mendapatkan bibit tanaman pohon nangka mini dari hasil sambung susu, langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan media tanam. Media tanam yang cocok untuk nangka mini bisa berasal dari tanah langsung atau didalam pot. Media tanam bisa disiapkan dari tanah yang dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah difermentasi dengan perbandingan campuran 1:1 dengan tanah.

Penanaman dalam pot

Untuk penanaman nangka mini dalam pot tidak terlalu jauh beda caranya. Langkah langkah pertama adalah dengan memasukkan pecahan Genting atau batu bata di dasar pot yang kemudian akan diisi dengan media tanam yang tadi sudah dibuat. Jangan lupa membuat lubang tanam pada bagian tengah pot untuk tempat bibit tanaman nangka mini nya. Keluarkan bibit tanaman nangka mini dari polybag dengan cara menyobek nya terlebih dahulu. Harus berhati-hati dalam polybag supaya perakarannya tidak rusak. Usahakan media tanam dalam polybag terbawa bersama bibit sehingga ketika bibit tanaman nangka mini dimasukkan tepat di tengah lubang tanam akan membuatnya tumbuh lebih baik. Timbun bibit dengan media tanam dan padatkan secara perlahan-lahan di Pangkal batang. Siram tanaman dan media hingga basah kemudian Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi dan tidak terdapat sinar matahari secara langsung hingga tumbuh tunas.

Berikut ini kami bagikan spesifikasi dan harga bibit nangka mini

  • Polybag Ukuran P25 diameter 25cm
  • Diperbanyak dengan okulasi
  • Tinggi bibit 40-80 cm
  • Umur minimal 6 bulan
  • Harga bibit mulai 55.000
  • Polybag ukuran P35 diameter 35cm
  • Diperbanyak dengan okulasi
  • Tinggi bibit 100-150 cm
  • Umur minimal 1 tahun
  • Harga bibit mulai 150.000
  • Tabulampot nangka mini
  • Diperbanyak dengan okulasi
  • Tinggi bibit minimal 1 meter
  • Umur minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : pot plastik atau drum
  • Harga tanyakan ke penjual

Bibit tanaman nangka mini ini bisa anda dapatkan di Agro bibit tanaman yang beralamatkan di Jl. Desa Bedug, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur 64171. Anda bisa datang langsung ke toko kami untuk memilih bibit tanaman nangka mini yang anda inginkan untuk dibawa pulang.