Jual Bibit Pohon Cendana

Jual Bibit Pohon Cendana

Jual Bibit Pohon Cendana

 Cendana kayunya bisa digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad tahun lamanay. Di daerah lain kayu cendana ini meliki nama lain seperi candana, tindana, sindana, candani, candhana, candhana lakek, aku ata, ayu luhi, ai kamelin dan masih banyak lagi. Kami menyedikana bibit pohon cendana barang siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Berikut ulasan mengenai kayu cendana. Klasifikasi cendana.

Jual Bibit Pohon Cendana

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Ordo: Santalales
Famili: Santalaceae
Genus: Santalum
Spesies : Santalum album

CENDANA

 Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana ini bisa di hargai sangat mahal.  Secara umum terdapat dua jenis kayu cendana.

  1. Cendana merah
  2. Cendana putih

Cendana merah banyak ditemukan di kawasa Asia barat seperti Funan dan juga India, dan untuk jenis cendana putih banyak di temukan di provinsi Nusa Tenggara Timur, seperti Flores, Solor, Alor, Sumba, Adonara, Timor, Rote, Lomblen, Pantar, dan Sabu. Tapi untuk saat ini pohon cendana banyak di temukan tumbuh di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Untuk pohon cendana dari jenis pohon cendana merah harganya relative lebih murah, namun memiliki bau yang kurang harum dan tentunya secara kualitas pun kurang, oleh sebab itu kayu dari jenis cendana ini kurang sekali di minati oleh masyarakat yang tentunya nilai jualnya pun juga murah.

Jual Bibit Pohon Cendana

 Pohon cendana tidak menyukai daerah yang tergenang air, khususnya sewaktu pohonnya masih muda, meski hal ini agak kurang berpengaruh terhadap pohon yang sudah dewasa atau tua.Daerah-daerah yang selalu basah kurang baik untuk pertumbuhan cendana, Habitat asli tempat tumbuh cendana biasanya mempunyai musim kering yang lama dan musim hujan yang pendek, 2- 3 bulan per tahun.

Tanaman cendana dapat berupa pohon, tetapi dapat juga tumbuh sebagai semak belukar. Pada fase semai atau kecambah, pohon cendana hidup parasit pada tumbuhan lain, melalui sistem perakarannya. Perawakan tanaman ini kurang begitu menarik. Batang pohon pada umumnya berukuran pendek, meskipun tinggi tanaman ini dapat mencapai 12-15 m dan diameter batangnya sekitar 20-35 cm. Tanamannya terkesan tidak rimbun sebab daunnya memang tumbuh jarang.

Daun cendana merupakan daun tunggal. Daunnya yang berwarna hijau ini berukuran kecil – kecil, 4-8 cm x 2-4 cm dan relatif jarang. Bentuk daunnya bulat memanjang dengan ujung daun lancip (acute) dan dasar daun lancip sampai seperti bentuk pasak (cuneate); pinggiran daunnya bergelombang, tangkai daun, kekuning-kuningan, 1-1,5 cm panjangnya.

Perbungaannya (inflorescence) seperti payung menggarpu (cymose) atau malai (panicle), dengan hiasan bunga yang seperti tabling, berbentuk lonceng, panjang 2-3 mm, yang pada awalnya berwarna kuning, kemudian berubah menjadi merah gelap kecoklat-coklatan. Pohon cendana berbunga sepanjang tahun.

Buahnya, buah batu (drupe), jorong (ellipsoid), kecil, berwarna merah kehitam-hitaman dan panjangnya kurang lebih 1 cm. Biji mudah sekali berkecambah, akan tetapi harus segera mendapatkan tanaman inangnya, supaya dapat bertahan hidup. Pada fase inilah cendana hidup sebagai parasit atau sering disebut semi-parasit.

Banyak orang yang belum begitu tahu tentang manfaat dari kayu cendana. Hal ini didasari karena pertumbuhan jenis tumbuhan ini yang tidak begitu banyak ditambah lagi seringnya diburu membuat jumlahnya semakin sedikit.

Jual Bibit Pohon Cendana

Mengapa kayu cendana ini begitu diminati? Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kayu ini, terlebih lagi aroma wangi yang dikeluarkan dari kayunya sendiri membuat banyak orang menjadi tertarik. Pohon cendana sendiri hidup secara parasit dan menumpang pada pohon lainnya yang bisa tumbuh antara 11 sampai 15 meter.

  1. Bahan Baku Mebel Seperti jenis kayu pada umumnya, kayu cendana ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat mebel. Baik dari kursi, meja, kasur, rak, dan masih banyak lagi, walau kisaran pembuatannya yang sangat mahal namun bukan berarti menutup kemungkinan jika pembelinya ada banyak sekali. Kelebihan dari kayu cendana ini lebih kuat dan tahan terhadap masalah serangga kayu pada umumnya.
  2. Bahan Kerajinan Tangan Umumnya memang kayu ini dibuat sebagai pernik kerajinan tangan seperti gelang kayu, tasbih, sarung keris, ukuran, dan masih banyak lagi. Jangan heran juga jika harganya lebih mahal dari suvenir yang lainnya.
  3. Obat Sejak jaman dahulu kayu cendana banyak dipakai sebagai obat herbal seperti anti inflamasi, mencegah disentri, dan sebagai pembersih saat menstruasi berlangsung. Olahan minyak dari cendanalah yang sangat berperan sebagai bahan obat herbal ini.
  4. Wewangian Minyak cendana sendiri yang sangat wangi memang cocok sebagai parfum, tidak hanya itu saja, menurut jenis minyaknya tersebut bisa menjadi pengikat molekul wewangian lain sehingga sangat baik sebagai bahan campuran parfum. Beberapa produk yang sudah dibuat dengan campuran cendana ini seperti parfum, pembuatan dupa, balsam, aroma terapi, dan masih banyak lagi.
  5. Antiseptik Kayu cendana memiliki sifat antiseptik dan anti mikroba yang bisa dijadikan sebagai bahan anti bakteri. Pada beberapa obat sering dicampur dengan tambahan minyak cendana ini untuk membersihkan luka akibat infeksi atau sterilisasi pada beberapa alat.
  6. Obat jerawat Jika diolah dengan benar akan dapat menghilangkan noda hitam pada wajah, mencegah jerawat, membersihkan minyak, sampai mengatasi masalah komedo.
  7. Aroma Terapi Sebagai bahan untuk aromaterapi, kayu cendana memberi efek tenang. Ia diyakini berkhasiat untuk menentramkan hati, mampu merukunkan rumah tangga dan sebagai pewangi ruangan untuk menetralisir hawa negatif.

 Salah satu keunikan kayu cendana adalah dapat menyimpan wangi aromanya selama berabad-abad. Konon, di Srilanka kayu ini digunakan untuk mengawetkan jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9.

Nah setelah menyimak ulasan di atas mengenai kayu cendana, bukankan ini bias jadi pelung bisnis yang menjanjikan ? lalu nimana anda bias membeli bibit pohon cendana yang berkualitas serta harganya yang murah ? nah anda tidak perlu bingung kami menyediakan bibit pohon cendana denga harga dan kualitas yang bagus, untuk harnya anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut. Mulai dari jenis bibit yang anda pilih, kualitas produk, jumlah pemesanan, dan ongkos kirimya.

 

Tinggalkan Balasan

× Hallo Bos Silahkan Chat di sini