Jual Bibit Tanaman Sukun

Jual Bibit Tanaman Sukun

Cara Budidaya Sukun – Pernahkah Anda mendengar tanaman buah sukun? Tanaman Sukun adalah tanaman buah yang berasal dari Indonesia dan dia sangat digemari buahnya oleh masyarakat Indonesia. Sukun sendiri memiliki keunggulan dan ciri khasnya tersendiri yang menjadikannya berbeda dengan jenis buah tropis yang lainnya. Tahukah anda bahwa tanaman buah sukun ini ternyata juga bisa dikembangbiakkan di kebun atau di pekarangan? Langkahnya sangat mudah sekali di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi yang anda butuhkan seputar tanaman buah sukun.

Tanaman pohon sukun sesungguhnya merupakan kultivar yang terseleksi sehingga tanaman sukun ini tidak memiliki biji. Dari namanya sendiri, kata sukun berasal dari bahasa Jawa yang artinya yaitu tanpa biji. Nama sukun sendiri juga sebenarnya dipakai untuk tanaman kultivar tanpa biji lainnya seperti yang ada pada jambu klutuk atau durian. Tanaman sukun dulunya dianggap setengah liar yang dulunya ternyata dia merupakan tanaman yang memiliki biji. Tanaman buah sukun di dikenal sebagai timbul, kulur (bahasa sunda), atau kluwih (bahasa jawa), kulu (bahasa aceh), kalawi (bahasa minang). Di daerah Pasifik tanaman sukun menjadi sumber karbohidrat yang penting bagi mereka. Di sana tanaman sukun dikenal dengan berbagai nama seperti kulu, uru, atau ulu.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis ini merupakan tanaman yang tumbuh lebih optimal di musim hujan. Hal ini dikarenakan tanaman buah sukun sangat membutuhkan air yang banyak untuk budidaya nya. Maka dari itu tanaman sukun tidak boleh sampai kekeringan dan harus disiram terus-menerus atau pada sore hari. Penyiraman pada sore hari dilakukan agar meminimalisir Penguapan yang bisa saja terjadi jika penyiraman dilakukan pada siang hari.

Tentang bagaimana cara menanam tanaman sukun akan kami beberkan dibawah ini. Pastikan anda menemukan bibit tanaman buah sukun yang berkualitas dan sehat. Sebelum menanam benih nya siapkan lahan yang luas dan cukup untuk menanam beberapa tanaman buah sukun titik usahakan agar lahan tersebut bersih dari rumput ataupun semak maupun bebatuan. Untuk jarak tanam dari tanaman buah sukun sendiri bisa dibuat jarak antar tanaman masing-masing berkisar 12/15 m. Hal ini dilakukan agar ketika tanaman sukun dewasa nanti tidak perlu memangkas tanaman lainnya yang terlalu dekat titik untuk lebih mempermudah persiapan penanaman tanaman buah sukun sebaiknya dipasang patok atau bilah yang terbuat dari bambu.

Setelah selesai menyiapkan lahan yang akan ditanami tanaman buah sukun, langkah yang selanjutnya diambil adalah membuat lubang pada lahan tersebut. Lubang untuk menanam tanaman buah sukun ini dibuat dengan ukuran 75 cm. Terdapat tujuan Kenapa lubang tanam dibuat lebih besar Hal ini karena pertumbuhan tanaman sukun ini cukup cepat dan besar. Sehingga harus dibuat lubang yang besar. Tanah bagian atas lahan tersebut harus dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Lubang tanam harus dibuat 2 minggu sebelum penanaman benih buah sukun. Hal ini bertujuan agar lubang tanam yang nanti akan digunakan untuk menanam buah sukun bisa terkena sinar matahari dan mematikan bibit penyakit serta hama di sekitar tanah lahan penanaman tersebut. Apabila tanah untuk budidaya tanaman sukun memiliki ph atau derajat keasaman yang tinggi maka bisa diturunkan dengan mencampurkan sedikit kapur.

Benih tanaman buah sukun ini bisa anda dapatkan di Agro bibit tanaman yang beralamatkan di Jl. Desa Bedug, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur 64171. Anda bisa datang langsung ke toko kami untuk memilih benih tanaman buah sukun atau bisa menghubungi kami untuk pengiriman benih melalui expedisi.