Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo

Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo

Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo

Sebagai negara beriklim tropis yang mudah ditumbuhi berbagai jenis tanaman, Indonesia memang sangat cocok dijadikan tempat melakukan budidaya tanaman. Salah satunya adalah Sawo Jumbo. Dalam Artikel Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo akan dibahas apa dan seperti apasih Sawo Jumbo itu.

Seperti namanya Sawo Jumbo adalah sawo yang memiliki ukuran yang besar. Berbeda dengan kebanyakan sawo pada umumnya, Sawo Jumbo memiliki berat sekitar 400 gram. Sawo ini pertama kali dibudidayakan di Australia dan Malaysia. Di Indonesia masih jarang sekali orang-orang yang membudidayakan jenis Sawo yang satu ini. Tentunya hal ini sangat berdampak positif bagi kita semua yang ingin memulai bisnis, karena selain kecilnya persaingan harga jualnya pun tidak bisa dikatan murah. Selain itu Sawo ini memiliki beberapa keunggulan, yakni:

Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo

  • memiliki daya tahan yang cukup tinggi, mampu bertahan hingga 7 hari setelah dipetik.
  • pembudidayaan Sawo Jumbo ini tidaklah sulit.
  • Tanaman ini terkenal dengan sifatnya yang genjah (mudah berbuah)
  • Apabila perawatannya dilakukan dengan baik, tanaman Sawo Jumbo mampu berproduksi dengan baik hingga kurang lebih 10 tahun lamanya.

Berikut adalah ciri-ciri dari Sawo Jumbo:

  1. Bentuk buah: Berbentuk oval dengan berat yang jauh berbeda dengan pada sawo pada umunya, perbuah bisa mencapai 400 gram
  2. Kulit Buah: Berwarna coklat seperti sawo pada umunya, berkulit halus dan lembut, tetapi kulitnya lumayan tebal sehingga memiliki daya simpan cukup lama.
  3. Daging Buah: Daging Buah pada Sawo Jumbo berwarna coklat susu yang mengkilat, hal ini disebabkan oleh kandungan air yang terdapat didalamnya cukup tinggi. Tetapi masih sedikit apabila dibanding sawo pada umunya.
  4. Rasa Buah: Sawo Jumbo memiliki rasa manis segar, namun sedikit kesat.
  5. Biji Buah: Berbentuk lonjong, berukuran kecil dan berwarna hitam, sama seperti sawo pada umumnya.

Sama halnya dengan kebanyakan buah yang lainnya, sawo ini juga memiliki manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini

  1. Mencegah Anemia.

Para Pakar menyebutkan bahwa Sawo Jumbo memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi mampu membantu memproduksi sel darah merah dengan baik, sehingga mampu mencegah terjadinya Anemia. Bagi wanita yang sedang menstruasi dan mengalami Anemia disarankan lebih banyak mengkonsumsi Sawo Jumbo ini.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit.

Kandungan lain yang terdapat dalam Sawo Jumbo untuk menjaga kecantikan kulit adalah Vitamin C, kandungan vitamin c dibutuhkan untuk membantu mengusir radikal bebas. Selain itu adanya Antioksidan bernama polifenol yang bersifat antiperadangan, antiparasit, antivirus serta antibakteri digunakan untuk mencegah terjadinya keriput dan membuat kulit tetap awet muda.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Buah Sawo Jumbo mengandung sumber sukrosa dan fruktosa alami yang bisa memberi energi untuk tubuh. Efeknya dapat membantu tubuh menjadi sehat dan tidak fmudah fsakit.

  1. Mengatasi Stres.

Buah Sawo Jumbo dapat mengatasi stres dikarenakan terdapat kandungan obat penenang alami didalamnya yang akan membantu tubuh dan sistem syaraf menjadi rileks.

  1. Mengobati Batuk dan Pilik.

Kandungan zat anti-inflamasi yang terdapat dalam Sawo Jumbo dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan sesak dan produksi lendir.

  1. Mencegah Kanker Usus dan Sembelit.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam Sawo Jumbo ini dapat mencegah terjadinya penyakit Kanker Usus dan sembelit. Serat adalah nutrisi yang baik untuk melancarkan pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan tulang

Buah Sawo Jumbo memiliki kandungan Kalsium dan Fosfor yang baik untuk tulang. Sayangi dan lindungi Tulang kita dari mulai dari sekarang dengan rutin mengkonsumsi Buah Sawo Jumbo.

  1. Mencegah Kekurangan Zat Besi.

Seperti penjelasan diatas bahwa manfaat Sawo Jumbo salah satunya adalah meningkatkan Sel darah merah, selain itu manfaat lainnya adalah menghasilkan kadar hemoglobin. Sel darah merah dan hemoglobin dibutuhkan untuk mencegah kekurangan zat besi.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang terkandung didalam Sawo Jumbo, apakah banyak dari kalian yang ingin membudidayakan tanaman ini? Dalam Artikel Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo akan dijelaskan bagaimana cara membudidayakan tanaman Sawo Jumbo dengan baik dan benar.

Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo

Cara membudidayakan tanaman Sawo Jumbo antara lain:

  1. Kondisi Lingkungan

Pohon Sawo Jumbo disarankan ditanam pada ketinggian 700-1200 mdpl dan tidak boleh ditanam pada lahan yang terlalu panas. Curah hujan yang dibutuhkan antara 1250-2500 mm pertahun.

  1. Media Tanam

Tanah yang digunakan adalah tanah lempung berpasir yang kaya akan kandungan organik. Apabila ditanam pada lahan terbuka, jarak yang butuhkan yakni 4-9 meter antara satu pohon dengan pohon yang lainnya, hal ini dimaksudkan agar pohon tidak terlalu berdekatan ketika sudah besar.

  1. Pemilihan Bibit Sawo Jumbo.

Bibit yang berkualitas adalah yang memiliki ciri batang tanaman yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Anda dapat membelinya di toko Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo.

  1. Pembuatan Lubang dan Jarak Tanam.

Ukuran lubang yang digunakan untuk menanam Sawo Jumbo jenis tanah gembur adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm. Sedangkan ukuran lubang untuk jenis tanah yang tidak gembur adalah 100 cm x 100 cm x 100 cm. Tanah bekas galian tadi dicampur dengan pupuk organik atau pupuk kompos yang digunakan sebagai tanah timbun. Ukuran jarak tanam pada Sawo Jumbo adalah 10 m x 10 m  untuk permukaan tanah yang datar, sedangkan 7 m x 8 m untuk permukaan tanah yang miring.

  1. Tahap Penanaman Bibit.

Sama seperti tanaman pada umumnya, bibit Sawo Jumbo ditanam pada tanah yang telah dibuatkan lubang lalu ditutup kembali dengan tanah bekas galian yang telah diberi pupuk organik atau pupuk kompos. Penanaman bibit Sawo sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan.

  1. Perawatan Sawo Jumbo.

Penyiraman tanaman ini dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore hari untuk menjaga agar tanah tetap basah, namun tidak boleh sampai menggenai tanah. Hal ini dikarenakan agar tanaman tidak busuk.

Pemberian Pupuk dilakukan setiap 2 minggu sekali atau minimal sebulan sekali. Pupuk yang biasa dipakai adalah Pupuk NPK. Tambahkan juga fungisida untuk menghindari Sawo Jumbo dari berbagai serangan penyakit.

Perawatan lainnya adalah dengan melakukan pemangkasan, yaitu pemotongan sebagian ranting atau cabang tanaman. Tujuan dari pemangkasan ini adalah memperpendek tinggi pohon Sawo Jumbo, sehingga pada saat proses panen akan lebih mudah. Selain itu tujuan dari pemangkasan adalah untuk memperbanyak ranting atau cabang tanaman serta meremajakan tanaman. Pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang berguna untuk merangsang tumbuh bunga dan buah.

  1. Panen

Buah Sawo Jumbo dapat dipanen ketika pohon sudah berusia 3 sampai 4 tahun. Semakin lama usia pohon, semakin banyak pula jumlah panen yang dapat dihasilkan.

Apakah tertarik untuk membudidayakan Sawo Jumbo? Lakukan pembudidayaan segera yaa…Demikian Artikel mengenai Jual Bibit Unggul Sawo Jumbo. Semoga menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

× Hallo Bos Silahkan Chat di sini